• SMA S AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG
  • UNGGUL - ISLAMI - GLOBAL

Sejarah Singkat

PROFILE SMA AL-KAUTSAR

 

Pendahuluan

  • Latar Belakang SMA Al-Kautsar

SMA Al-Kautsar sebagai salah satu sekolah di bawah Naungan Yayasan Al-Kautsar  sejak didirikannya bercita-cita menjadi salah satu sekolah terbaik di Lampung bahkan di Indonesia. Semangat itu terus menyala sejak dibangun dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro. Akhirnya dalam kurun waktu 5 tahun SMA Al-Kautsar telah menjadi sekolah dambaan dan idaman masyarakat, hal itu terbukti dengan besarnya animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMA Al-Kautsar. Secara mutu juga SMA Al-Kuatrsar pernah menduduki peringkat 5 jurusan IPS dan peringkat 6 untuk IPA di Propinsi Lampung.

Untuk menjaga semangat dan arah kebijakan sekolah serta dalam rangka menjaga kualitas sekolah sehingga tetap eksis dan survive dalam setiap situasi dan kondisi perubahan, maka sekolah harus memperhatikan beberapa kondisi nyata  yaitu; pertama , Kompetitif, artinya adalah bahwa seiring dengan perubahan arah kebijakan pemerintah seperti diberlakukannya otonomi daerah yang berakibat pada berdirinya sekolah-sekolah unggulan di setiap kota/kabupaten maupun propinsi, kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang semakin cepat dan berubah-ubah menuntut sekolah untuk memiliki imunitas dan  daya saing  yang tinggi. Hanya sekolah yang memiliki imunitas dan daya sainglah yang dapat tetap menjadi sekolah yang berkualitas dan menjadi dambaan umat.

Kedua, jaminan mutu artinya adalah bahwa sekolah harus berani memberikan jaminan mutu  kepada masyarakat dan seluruh stakeholder bahwa sekolah ini memang benar-benar berkualitas dan layak menjadi pilihan mereka. Setiap prestasi yang diraih sekolah sebisa mungkin diketahui oleh masyarakat melalui media baik media internal maupun eksternal. Perubahan nilai/skor atau biasa disebut gain score dilaporkan kepada orang tua/masyarakat sehingga mereka bisa menilai apakah tujuan mereka menyekolahkan anaknya di SMA Al-Kautsar dapat tercapai atau tidak.Untuk menjaga dan mengawal mutu sekolah, sekolah/perguruan mengupayakan adanya organ penjamin mutu.

Ketiga, otonomi dan efisiensi. Paradigma pendidikan dalam manajemen pendidikan menggunakan pendekatan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) artinya adalah pemerintah memberikan kewenangan lebih luas kepada  sekolah untuk merencanakan dan mengelola pendidikan di sekolah, tidak seperti era orde baru yang semua kebijakan pendidikan selalu tergantung kepada pemerintah pusat. Kondisi ini harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, karena memberikan peluang lebih besar kepada sekolah untuk bisa maju dan berkembang secara lebih cepat. Tetapi otonomi harus dibarengi dengan efisiensi baik keuangan maupun sumber daya manusia, sehingga sekolah memeliki cadangan energi lebih untuk dipergunakan pada situsai dan kondisi yang tepat.

Keempat, transparansi dan akuntabilitas publik. Tuntutan masyarakat sekarang  terhadap  semua lembaga publik adalah adanya transparansi dan akuntabilitas, artinya adalah lembaga publik harus transparan dalam pengelolaan keuangan dan manajemen lainnya dan dapat dipertanggungjawabkan secara publik.

Perkembangan dan persaingan dalam pendidikan semakin terasa seiring dengan arah kebijakan pemerintah pusat seperti diberlakukannya otonomi daerah, demokratisasi pendidikan yang menyebabkan di setiap  kota/kabupaten maupun propinsi berkompetisi untuk mendirikan sekolah unggulan baik negeri maupun swasta. Kondisi ini harus disikapi secara arif dan bijaksana.

 

Perkembangan Sekolah

SMA Al-Kautsar pertama kali menerima murid pada tahun 1993/1994. Sebagai sekolah yang baru berdiri dan belum dikenal oleh masyarakat menyebabkan adanya kekhawatiran dari pengurus Yayasan tentang ada tidaknya minat masyarakat menyekolahkan anaknya di SMA Al-kautsar, sehingga pada tahun itu kebijakannya adalah 10  calon murid pendaftar pertama langsung diterima. Berkat penyebaran informasi   secara langsung ke sekolah-sekolah seperti Kalianda, Metro/lampung Tengah, Kotabumi dan Pringsewu maka pada tahun pertama mendapatkan siswa sebanyak kurang lebih 210 orang, yang pada waktu itu masih menyatu dengan SMP Al-Kautsar baik gedung maupun guru dan karyawannya. Yang unik pada tahun itu adalah hingga penataran  P4 selesai sekolah belum memiliki Kepala Sekolah.

Tahun 1994-1996 sekolah sering mendapat  kunjungan para menteri seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Menteri Riset dan Teknologi RI, Menteri Agama RI dan pejabat-pejabat pusat lainnya. Prestasi demi prestasi diraih oleh SMA Al-Kautsar baik pada bidang akademis maupun non akademis di Bandar Lampung maupun Lampung bahkan pada event nasional.

Memasuki  tahun 2002/2003 SMA Al-Kautsar memasuki babak baru dengan dibukanya kelas unggul akademis. Dari kelas unggul inilah akhirnya perkembangan sekolah mengalami kemajuan yang cukup pesat, bahkan bisa dikatakan sejajar dengan sekolah-sekolah vafourit di Lampung seperti SMAN 2 dan SMA Xaverius pada beberapa bidang. Dilihat  dari prosentase kelulusan dan siswa yang diterima di PTN atau PTS vafouritpun dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat tajam. Sukses dalam pengelolaan kelas unggul, maka pada tahun pelajaran 2004/2005 SMA Al-Kautsar membuka kelas Plus. Target dari kelas ini adalah mampu menyamai prestasi dari kelas unggul dengan dukungan sarana dan prasarana, yang saat ini bernama kelas Bilingual yang sedang berupaya menuju tingkat kelas Internasional dengan manajement dan kurikulum serta pengelolaannya mengacu pada program sekolah internasional, oleh karena itu perlu adanya dukungan dari semua fihak khususnya Yayasan Al-Kautsar terkait dengan pendanaannya.

2.1. Struktur Organisasi Sekolah.

2.2. Profil Sumber Daya Manusia

  1. Guru dan Pegawai
  1. Rekruting guru dan karyawan sekolah

Prosedur penerimaan guru dan karyawan di lingkungan Yayasan Al-Kautsar adalah sebagai berikut :

  1. Sekolah mengusulkan kepada yayasan jenis dan formasi guru yang dibutuhkan sekolah secara tertulis
  2. Yayasan menyebarkan informasi lewat media cetak tentang formasi penerimaan guru/karyawan tersebut
  3. Yayasan menyeleksi berkas yang masuk untuk seterusnya akan diproses lebih lanjut yaitu tes wawancara, tes potensi akademik dan micro teaching langsung berhadapan dengan siswa di dalam kelas
  4. Sebaran Guru dan Pegawai Sekolah

 

  1. Siswa
    1. Jumlah rombongan belajar : 31 kelas
    2. Jenis kelas : kelas Utama, kelas Bilingual dan kelas regular

 

  • VISI DAN FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN

3.1. Visi

Dalam mewujudkan visi sma al kautsar yaitu ”SMA Al-Kautsar perguruan unggul islami berprestasi” maka disusunlah Visi SMA Al-Kautsar yaitu Mewujudkan sekolah yang Unggul, islami dan berprestasi

3.2. Nilai

Nilai (value) adalah norma-norma atau prinsip-prinsip agung yang menjadi acuan semua elemen dalam lembaga atau organisasi untuk membangun sikap dalam mencapai visi atau misi yang telah dirumuskan. Nilai-nilai yang terus dipertahankan dan ditingkatkan khususnya di lingkungan SMA Al-Kautsar adalah :

  1. Credibility yaitu selalu jujur kepada diri sendiri, orang lain dan kepada Allah Swt
  2. Togetherness yaitu semangat kebersamaan dalam setiap situasi dan kondisi
  3. Emphaty yaitu ikut merasakan masalah yang dihadapi orang lain
  4. Assit yaitu kesediaan untuk ikhlas membantu orang lain
  5. Maturity yaitu kematangan dalam dalam menghadapi permasalahan
  6. Respect yaitu saling hormat menghormati antar sesama
  7. Kindness yaitu prilaku sopan, santun, rendah hati dan menciptakan suasana kesejukan
  8. Integrity yaitu tidak mudah terpengaruh untk melaksanakan prilaku menyimpang
  9. Inovative yaitu selalu berupaya menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi lembaga dan organisasi
  10. Advantage yaitu memiliki keyakinan untuk menjadi yang terbaik
  11. Flexibility yaitu tidak kaku dalam menyikapi suatu permasalahan
  12. Wisdom yaitu memiliki kearifan  dalam bertindak dan berprilaku

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Lulusan

lulusan.smaalkautsarlampung.sch.id

22/04/2020 10:35 WIB - Administrator
Visi dan Misi

VISI UNGGUL - ISLAMI - BERPRESTASI MISI Membangun sekolah yang berkualitas unggul dan islami. Meningkatkan kualitas, profesionalisme, dan kesejahteraan tenaga pendidikan untuk tercapa

14/11/2019 09:19 WIB - Administrator
Profil

PROFIL SEKOLAH SMA AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017     1 IDENTITAS SEKOLAH                

14/11/2019 09:19 WIB - Administrator